Minggu, 17 Maret 2013

Medical Representative

Mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan ini, saya hanya berbagi pengalaman sebagai duta perusahaan terbesar di Indonesia Kenalkan nama saya Imam Khaerussalam (23), saya sudah menjalani profesi sebagai Medrep baru seumur jagung sekitar satu tahun lebih. Kembali kejiwa saya sebagai orang yang berimpian sebagai penulis, disini saya hanya ingin sedikit menceritakan pekerjaan saya saya sebagai medical representative. dikutip dari bahwa Medical Representative bisa didefinisikan sebagai duta perusahaan / seseorang yang dipercaya untuk mewakili perusahaan guna mempromosikan produk secara professional, kredibel, dan berintegritas. Istilah lainnya adalah Detailer, karena dalam melaksanakan tugasnya, seorang Medical Representative harus mampu menjelaskan seluk beluk produk yang ditawarkan secara detail kepada customernya. Dulu saya tidak mengerti dengan pekerjaan saya akan jalani yang saya tahunya secara garis besar dari pekerjaan ini adalah mencari sales sebagai marketing dengan menjual produk ke apotik. Pertengahan Desember saya mulai masuk ke perusahaan yang kini saya jalani sebagai dutanya mulai saya perkenalkan bagai mana jibdesk dari pekerjaan ini, masuk ke dalam team dengan arean Bandung Timur masih pegang dari Cicaheum sampe Rancaekek. Amat luar bias tatkala kali pertama merasakan dunia kerja dengan sepert ini bingung bukan kepalang setiap hari harus mengunjungi sedikitnya 3 apotik dan kunjungan 10 dokter perhari dengan dokter yang telah masuk planning atau call plann dalam bahasa perusahaan kita. Hari pertama saya jalani sesuai kemampuan saya dengan instruksi supervisor atau bos dalam team saya. Inget saya pertama kali kunjungan itu di Apt. Almasoem Cibiru sebagai apotek pareto dengan sales yang sekarang makin pantastis sampai sekarang meski basic kacau kata DM aku..heheheee Kembali kecerita pertama kalinya, saya mengunjungi dr Spesialis kebidanan lama banget nunggunya disitu ternyata saya tak sendirian saja banyak juga ternyata yang kerja sama seperti saya banyak lagi farmasi lainnya. Entahlah yang saya fikirkan kunjungin dr itu kata spv ku, setelah saya kunjungi saya bingung kemana lagi saya putuskan secara sepihak pulang aja ah. Setelah sampe dirumah lupa belum sms spv "naha sudah pulang, masih banyak yang harus kamu kunjungin" dalam fikiran yang disuruhnya cuman itu... "balik lagi sana nyari dokter lain" enak saja kata akuteh "ya udah besok ngomong dikantor" besoknya tiba jrenggggggg mampuss dimarahin abis2an..... Ternyata hidup itu gak gampang kembali lagi aku berfikir, sembil jalan bekerja aku terus jalani semuanya mungkin sudah jadi rizki hidup saya alhamdullilah selama itu aku masuk target terus dengan penghasilan yang sangat besar. Tapi aku gak mau besar dengan hasil segitu aku tidak memikirkan gaji yang aku terima berapa besar soalnya aku bekerja yang pertama kalinya dengan kerjaan yang saya anggap berat. Perlu diketahui selama saya bekerja hampir 6 bulan saya jarang mendapatkan ketenangan karena tekanan dari spv saya yang cerewet (sorry ya bos sebenernya baik juga loh bos aku itu) hampir tiap pagi pasti diomelin karena cara kerjaku yang tidak sesuai yang diharapkannya, saya merasa paling tertindas dalam kantor soalnya hanya saya yang banyak dimarahin. Seiring jalannya waktu saya mulai belajar dengan giat dan semangat untuk bisa dalam mengerjakan tugas saya ini, saya mulai mengenal dokter, apoteker, assisten apotek dan pembelian apotik bahkan saya dekat dengan suster-suster yang cantik dengan berbagai background orang dari yang biasa saja baik dan jutek pisan matak hayang nakaol *emosi jiwa....hahhahahaaa Syukurlah masa keterpurukan saya mulai hilang saya mulai bisa mengerjakan semuanya, dari yang setiap hari breafing paling kena sasaran marah kini sudah tidak lagi saya sudah mulai bisa bekerja dengan baik. Alhamdulillah Sekarang sudah mulai merasakan bekerja dengan baik dan bisa mengakui setiap gajihan yang saya dapat adalah hasil saya bukan bawaan Rep sebelumnya. Katanya aku kemarin masuk target karena Rep sebelumnya. Jadi intinya pekerjaan Sang duta farmasi Medical Representative adalah : 1. Mempromosikan produk kepada dokter GP, Spesialis dan Apotek untuk sampei kepada konsumen (pasien) 2. Melakukan kerja sama dengan dokter sebagai komitmen untuk memberikan obat terbaik yang saya bawa kepada pasien. 3. Memastikan produk sudah ada di apotek agar peresepan dokter dengan mudah didapat pasien dan tidak membeli di apotik lain. 4. Memastikan agar diri kita melakukan hubungan baik dengan dokter dan apoteker supaya orderan makin lancar 5. Pastikan sales kita harus aman biar tidak kena marah bos dikantor...Hahahahha 6. Kunjungan dokternya dan survey apotek harus beres sesuai waktu yang ditentukan. 7. Selalu fight ya kerja jadi rep berat pergi pagi pulang malam (pergi jam 07.00 pulang jam 24.00) tergantung keperluan kita kepada dokternya karena kunjungan dilakukan sesuai jam praktek dokter dan hanya bisa mendapatkan call dokter setelah pasien... 8. Gajinya coy gede banget jadi rep itu asalkan on target terusssss..... semoga bermanfaat yaaa..... hidup ini keras jadi kerjaan apapun yang penting halal jalani aja ya.... saya juga masih bisa hidup meski sering kena marah dan pulang malam terus... bekerja sebagai marketing itu tidak gampang beda dengan orang kantoran...

8 komentar:

Anonim mengatakan...

iya bener . cape sih kerja kaya gini tpi ya di jalanin aja :D

Unknown mengatakan...

iyaaaa dong, sekarang aja saya masih kangen suasana itu semangat yaa

MedReps mengatakan...

Semangat mas! Yang penting dijalanin dengan penuh rasa syukur dan semangat juang tinggi, insya Allah hasilnya akan memuaskan.

Syukur karena banyak orang yang tidak bisa bekerja alias menganggur. Dan semangat agar tidak loyo dan stress karena pressure bos! Hihihi...

Good luck and wish you all the best!

Unknown mengatakan...

Apa skrg mas imam masih sbgai MR?

Krn saya bbrpa kali mmbatalkan proses slksi krn saya gk mau dtmpatin luar jawa.

Unknown mengatakan...

Medrep4 selalu semangat ....


Buat kenny.....kenapa g mau ditempatin dluar jawa dlu saya berambisi banget buat ngerantau. Ada yang g mau ditinggalin ya dirumah?????
Jujur sekrang saya sudah pindah kerja ya pindah profesi,tapi kalo mau itungan enak kerja dilapangan sih lebih flexibel.....

Unknown mengatakan...

Balasannya saya sudah posting kenn,makasih udah baca pengalaman imam......

Ebook Medical Representative mengatakan...

menjadi seorang medreps adalah pilihan hidup yang berani, tidak banyak yang bisa menjalaninya hingga usia pensiun... benar-benar sebuah profesi yang menantang!

Anonim mengatakan...

Bener Gan.. Medrep itu kerjaannya laki banget katanya..1kwkwk
Segala sesuatu itu emang harus dilakonin dengan ikhlas.....